Ayo Belajar Hangul!! :D

3 Sep

Ayo Belajar Hangul!!😀

Annyeong Kpop Addict dimanapun berada😀

Buat kalian yang mau belajar atau sekedar pengen tau, Apa sih hangul itu?!😀

Nah, yang biasa nonton drama korea atau film korea pasti tau nih apa itu hangul.. ya nggak?😀

Oke dehh, di sini saya selaku istri sah yesung, selingkuhan donghae, pacar chanyeol dan adee kandung(?) taemin akan memaparkan sedikit hal tentang hangul..

Mau tau?

Oke dehh, ku kasi tauu..

Tapi jangan bosen baca yaa😀

Jadi yang pertama, kita akan belajar tentang “Apa itu hangul dan sejarahnya” siap? Okee dehh..😀 sebenernya bukan belajar sih, tapi cuma untuk pengetahuan aja😀 *samaaja😀 * ya udalahyaa.. hii😀

Jadi gini,

Pada zaman dulu kala (*gaya mail di upin ipin* #ehh :D) rakyat Korea menggunakan tulisan Hanja, yang mana identik dengan tulisan Cina kuno. Tulisan Hanja itu termasuk logograf (ideograf), yang mana tiap hurufnya melambangkan suatu kata atau morfem. Untuk fasih membaca dan menulis tulisan Hanja, rakyat Korea perlu menghafal banyak sekali bentuk huruf, akibatnya hanya kaum terpelajar saja yang melek huruf. Lalu, pada pertengahan abad ke-15, Sejong The Great (세종대왕), raja yang memerintah dinasti Joseon di Korea saat itu, memiliki ide bagaimana meningkatkan tingkat literasi rakyat Korea, yaitu dengan cara menciptakan featural alphabet yang mudah dipelajari, yaitu Hangul..

Nahhh, jadi dapet kalian simpulin dong apa itu hangul?😀

Simple aja sihh, hangul itu tulisan korea😀

Kalo di Indonesia kan ada alphabet, di Jepang ada katakana, hiragana, dan kanji.. nahh, kalo di Korea namanya Hangul.. ngerti kan? Ngerti dong..😀

Sampe sana ga ada pertanyaan kan yaa?😀 enggak.. *ehh😀

Nah yang kedua kita akan belajar tentang Huruf Hangul.. *serius:on*

Jadi gini, banyak huruf Hangul adalah 24 yang terdiri atas 10 huruf vokal dan 14 huruf konsonan (belum termasuk huruf vokal ganda dan konsonan ganda).. selain ituu, dalam hangul huruf vokal tidak bisa berdiri sendiri😮 , makanya perlu dibantu sama konsonan ㅇ. Misalnya, jika konsonan ㅇ terletak di awal, contohnya 아 (dibaca a), konsonan ㅇ tidak perlu dibaca, sedangkan jika konsonan ㅇ terletak di akhir, seperti 승 (dibaca seung), maka konsonan ㅇdibaca ieung (ng) . gimana? Bingung yaa? -_- aku juga bingung L *ehh😀

Kalo yang masih bingung, kita lanjut aja yaa? nanti juga ngerti kok, suer😀

Huruf-huruf Hangul

nah, ini dia konsonan dasar dlm hangul :

ㄱ : G
ㄴ : N
ㄷ : D
ㄹ : R/L

ㅁ : M
ㅂ : B
ㅅ : S
ㅇ : di anggap nol / gak ada bunyi *inget yang tadi yaa, kalo letaknya di AWAL*
ㅈ : J
ㅊ : C
ㅋ : K
ㅌ : T
ㅍ : P
ㅎ : H

Konsonan Rangkap / Ganda :

ㄲ : kk

ㄸ : tt

ㅃ : pp

ㅆ : ss

ㅉ : jj

ini vokal dasarnya ^^
ㅏ: a
ㅓ: eo
ㅗ : o
ㅜ : u
ㅡ : eu
ㅣ : i

Sejarah hangul udah, huruf hangul udah, nah sekarang tentang Sistem penulisan Hangul yaa😀

Jadi gini, di dalam penulisan hangul, satu suku kata gak hanya terdiri dari 1 huruf konsonan & vokal, nah, ada juga yng terdiri dari konsonan+vokal+konsonan.. Dalam sistem penulisan korea, ada 2 macam sistem penulisan.. 2 macam itu tak lain dgn 3huruf (baca: konsonan+vokal+konsonan), yaitu Left-Right-Bottom dan Top-Middle-Bottom😀

Untuk LEFT-RIGHT-BOTTOM system ^^

nah kita bahas sistem LEFT-RIGHT-BOTTOM dlu yah ^^
cara penulisan ini punya rumus sendiri, yaituu :
LEFT selalu KONSONAN & ditulis di sebelah kiri
RIGHT selalu vokal & ditulis dikanan *semua vokal, kecuali o,u, dan eu serta turunannya*
BOTTOM, slalu konsonan atau gak ada sama sekali & letaknya dibawah,

biar gak bingung langsung praktek yah ^^
ex : san = ㅅ + ㅏ + ㄴ
BUKAN JADINYA 사ㄴ, TAPI 산

contoh lagi, kim = ㄱ + | + ㅁ
BUKAN JADINYA 기ㅁ, TAPI 김

TOP-MIDDLE-BOTTOM

cara penulisan yng kedua adalah sistem TOP-MIDDLE-BOTTOM,
hampir sama kayak sistem LEFT-RIGHT-BOTTOM, cuma bedanya posisi middle vokalnya yang posisinya guling (?) kayak:

ㅗ = o –> ㅛ = yo ㅜ = u –> ㅠ = yu
ㅡ = eu
ㅚ = oe
ㅟ = wi
ㅢ = ui


langsung contoh ya biar gak bingung ^^

ex : jun = ㅈ + ㅜ + ㄴ, jadinya BUKAN 주ㄴ TAPI 준

*N/B : ada beberapa perubahan bunyi dlm huruf BOTTOM ini loh, yaitu ^^

ㄹ: dari ‘r’ jadi ‘l’

ㅇ : dari tanpa suara jadi ‘ng’

ㅅ : dari ‘s’ jadi ‘t’

Contoh :
옥[ok]
언니[eonni]
꽃[kkot]
서울[seoul]
사람[saram]
컵[keop]
사랑[sarang]
여덟[yeodeolp]

Percakapan Dasar
네.(예.) [ Ne.(ye.)] Ya.
아니오. [Anio.] Tidak. (Bukan.)
여보세요. [Yeoboseyo.] Halo.
안녕하세요. [Annyeong-haseyo.] Apa kabar.
미안합니다.(죄송합니다.) [Mianhamnida. (Joesong-hamnida.)] Minta maaf. (Mohon maaf.)

Kesimpulannya, untuk menguasai Hangul, sebenarnya kita cuma perlu menghafal 20 bentuk unit saja, 14 konsonan dasar + 6 vokal dasar. Selebihnya, kita cukup memahami pola improvisasi pada tiap unit tersebut, apakah didobel, +i, +w atau +y. Hal ini lah yang membuat tulisan Korea (Hangul) sangat jauh lebih mudah dipelajari daripada tulisan Cina atau Hanja.

Oke dehh, sekian postingan sayaa hari inii..

Semoga bermanfaat😀

감사합니다😀
Kamshahamnida😀
Terima Kasih😀

Annyeong *pergibarengyesung*😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s